Selasa, 19 November 2013

soal

TUGAS KELOMPOK YANG KEEMPAT
Medan, 09 Oktober 2013

Kelompok IV :
1.      NANDA BANI IFHAN                    7111341005
2.      MUTIARA SHIFA                            7111541011
3.      MUAMMAR RINALDI                    7111541010
4.      CHRISTINE NR. SIMARMATA     7113341007
5.      CLARA MARIANA SIHOTANG   7113341008

Soal !
Rumuskan tujuan pembelajaran dari indikator materi pokok tertentu sesuai sillabus bidang studi ekonomi SMA ! (rumus ABCD)

Jawaban
Materi Pokok
Perilaku konsumen dan produsen
Uraian Materi
1.      Manfaat dan nilai suatu barang
2.      Hukum Gossen I dan II
3.      Teori perilaku konsumen
4.      Pola hidup hemat dan bersahaja
5.      Persamaan produksi
6.      Teori produksi
7.      Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

Standar Kompetensi (SK)
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen
Kompetensi Dasar (KD)
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
Indikator
A.    Kognitif
·         Produk
1.      Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
2.      Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
3.      Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
4.      Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
5.      Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
6.      Mendeskripsikan teori produksi.
7.      Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

·         Proses
Silahkan di isi sesuai dengan cara yang akan anda lakukan untuk mengajarkan materi kepada siswa,,jika anda kesulitan lihat contoh pada RPP pertemuan Pertama.

B.     Psikomotor
Silahkan di isi sesuai dengan cara yang akan anda lakukan untuk mengajarkan materi kepada siswa.

C.     Afektif

1.      Karakter
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi : Cermat, Hemat, Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab,  terbuka dan menghargai pendapat teman
2.      Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: kerja sama, Bertanya, menyumbang pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi,
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan,
a.       kognitif
1.      Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
2.      Siswa dapat membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
3.      Siswa dapat mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
4.      Siswa dapat hidup hemat dan bersahaja.
5.      Siswa dapat membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
6.      Siswa dapat mendeskripsikan teori produksi.
7.      Siswa dapat mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.

b.      Psikomotor
Silahkan di isi sesuai dengan cara yang akan anda lakukan untuk mengajarkan materi kepada siswa,,jika anda kesulitan lihat contoh pada RPP pertemuan Pertama
c.       Afektif
·         Karakter:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: Cermat,Hemat, Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab,  terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter.
·         Keterampilan sosial:
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: kerja sama,Bertanya, menyumbang pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.




0 komentar:

Posting Komentar

 
ingatanku Blogger Template by Ipietoon Blogger Template